Sports News

Senin, 04 April 2011

Timnas Belanda Berminat Ke Indonesia

Timnas Belanda melakukan training pada Oktober lalu
Tawaran uji coba tim nasional (timnas) Indonesia dengan sejumlah tim level dunia diklaim masuk ke PSSI. Hal itu pun akan dimaksimalkan bagi Merah Putih untuk persiapan sebelum Pra-Piala Dunia (PPD) 2014.

Badan Tim Nasional (BTN) telah mengagendakan training camp (TC) untuk PPD 2014 mulai 20 Juni.Timnas sebelumnya sudah menetapkan kandidat calon Asisten Pelatih seperti Rahmad ’RD’ Darmawan dan Jacksen F Tiago. Satu nama dengan latar belakang klub Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 tersebut akan bahu-membahu dengan Pelatih Alfred Riedl.Wakil Bidang Teknis BTN Iman Arif mengungkapkan,menu uji coba internasional sudah disiapkan. Tujuannya untuk memberikan pengalaman bertanding bagi amunisi skuad Merah Putih.

”Kami sedang mempertimbangkan beberapa penawaran uji coba.Sudah ada beberapa tim dunia yang ingin berkunjung ke Indonesia dan menjalani uji coba dengan kami pada Juni nanti,” ungkap Iman.

Wacana uji coba rencananya akan digelar 23 Juni. Calon lawan timnas paling menggiurkan datang dari runner-up Piala Dunia 2010 Belanda. Timnas berjuluk De Oranje itu sebelumnya sudah mengisyaratkan ketertarikan mengunjungi Indonesia. Tahun lalu Mark van Bommel dkk sempat masuk nominator calon lawan Cristian Gonzales dkk yang menjalani persiapan Piala AFF 2010.Namun, skuad Merah Putih akhirnya hanya uji coba kontra Uruguay dan menyerah 1-7.

Pendeknya waktu persiapan dan tingginya pembiayaan membuat BTN memasukkan De Oranje sebagai calon lawan uji coba pada 2011. Bukan hanya Van Bommel dkk,timnas juga mengaku mendapatkan proposal uji coba dari Cile.Tim asal Amerika Selatan tersebut juga menjadi salah satu kontestan Piala Dunia 2010.Tergabung di Grup H,Cile akhirnya lolos ke fase knockout dengan status runner-up. Selain itu,timnas punya agenda lain. Iman mengatakan,timnas saat ini memiliki calon lawan uji coba dari negara Asia.

”Belanda sudah mengajukan diri sebagai calon lawan timnas. Hal sama dilakukan Cile.Tapi,kami tetap mempertimbangkan penawaran Korea Utara (Korut).Kepastian calon lawan saat ini belum diputuskan,” lanjutnya.

Bersama Belanda,Korut juga menjadi salah satu nominator calon lawan timnas tahun lalu.Pantai Gading sebelumnya juga menjadi calon lawan uji coba timnas, meski akhirnya batal karena tata waktunya terbatas.

”Mungkin timnas bisa mengawalinya dari Asia,lalu menghadapi tim lainnya. Tapi,yang jelas kami sudah mendapatkan kepastian status Inggris.Peluang uji coba dengan mereka tertutup karena Inggris membatalkan tur ke Thailand,” lanjut Iman.

Namun,pekerjaan timnas paling mendasar saat ini adalah menentukan komposisi pemain.Sebab,pada saat bersamaan timnas U-23 untuk SEA Games (SEAG) 2011 juga sedang menggelar TC.

Skuad muda Merah Putih memakai jasa beberapa pemain eks timnas Piala AFF 2010 seperti Kurnia Meiga dan Yongki Aribowo.Iman juga menjelaskan, TC timnas PPD 2014 nantinya akan diikuti 25 pemain.”Jumlah pemain yang ikut TC nanti tampaknya tidak jauh berbeda dengan timnas SEAG. Kami nanti akan melakukan evaluasi,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar