Sports News

Selasa, 26 April 2011

Gol Perdana Dzeko Selamatkan The Citizens

Edin Dzeko melewati 2 pemain Blackburn
Manchester City terus menjaga asa untuk bisa berlaga di pentas Eropa musim depan. Edin Dzeko menjadi penentu kemenangan 1-0 City atas Blackburn Rovers, Selasa (26/4/2011) dini hari WIB, dengan gol perdananya di pentas Premier League.

Dengan tambahan tiga angka, The Citizens berhasil menjauh dari kejaran Tottenham Hotspur yang juga mengincar tempat di zona Liga Champions. The Citizens kokoh di posisi empat klasemen sementara dengan raihan 59 poin atau unggul empat angka dari Spurs. City bahkan berpeluang besar memperbesar selisih tersebut, karena masih menyimpan satu laga sisa.

Bertandang ke markas Blackburn di Ewood Park, The Citizens langsung tampil agresif. Pelatih Roberto Mancini nampaknya menginstruksikan anak asuhnya untuk mengambil keuntungan dari hasil imbang 2-2 yang dipetik Spurs melawan West Bromwich Albion, akhir pekan kemarin.

Pertandingan baru memasuki menit keempat, David Silva langsung menebar ancaman lewat sepakan kerasnya setelah memanfaatkan bola liar hasil kontrol Gareth Barry yang tidak sempurna. Sayang, sepakan kaki kiri mantan pilar Valencia ini hanya menerpa mistar gawang.

Usai peluang tersebut, Blackburn langsung merespon dengan permainan solid. Alhasil, Mario Balotelli yang diplot sebagai striker tunggal pun kesulitan membongkar rapatnya pertahanan tuan rumah. Sementara di lain kubu, The Rovers mulai berani melancarkan serangan.

Memasuki menit ke-20, para pemain Blackburn mengklaim penalti setelah striker mereka Jason Roberts dijatuhkan Vincent Kompany di kotak terlarang. Sial, wasit tidak menganggap insiden tersebut sebagai pelanggaran yang pantas dihadiahi tendangan penalti. Hingga turun minum, kedua kubu gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang mereka dapat dan harus puas bermain kacamata.

Di babak kedua, City kembali mengambil alih kendali permainan. Tuntutan meraih kemenangan untuk menjauhi Spurs dalam perebutan tiket Liga Champions tampil menekan. Namun, justru Blackburn yang lebih dulu membuka peluang di babak kedua ini.

Pada menit ke-50, Brett Emerton melepaskan umpan yang disambut tandukan Jason Robert yang gagal mengarahkan tepat ke sasaran. Martin Olsson yang coba memanfaatkan bola liar hanya mampu mengarahkan bola ke sisi gawang.

Di menit ke-69, Silva kembali menebar ancaman dengan sepakan melengkungnya. Namun, lagi-lagi sepakannya belum menemui sasaran. Kali ini tendangan pilar timnas Spanyol hanya tipis melintas di sisi gawang Paul Robinson. Satu menit berselang, gantian Blackburn yang mengancam melalui Benjani Mwaruwari. Namun, sepakan mantan punggawa City ini masih terlalu lemah sehingga gawan Joe Hart masih aman.

Setelah beberapa kali melakukan tekanan, City akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-75. Edin Dzeko yang baru tiga menit masuk lapangan, menggantikan Adam Johnson tampil berhasil membobol gawang Robinson, lewat sepakan keras setelah berhasil mengontrol bola liar hasil sepakan Silva yang sempat membentur pemain belakang Rovers. Ini merupakan gol perdana Dzeko di Premier League sejak diboyong dari Vfl Wolfsburg pada bursa transfer Januari lalu.

Tertinggal gol, Blackburn yang tengah berupaya menjauhi zona degradasi mencoba memberikan respon dengan meningkatkan intensitas serangan. Sayangnya, Hart tampil sigap dalam menghalau tendangan bebas Martin Olsson di masa injury. Hingga berakhirnya laga, skor 1-0 untuk kemenangan City tidak berubah.

Susunan Pemain:
Blackburn Rovers:
Paul Robinson, Phil Jones, Christopher Samba, Gael Givet/Mame Biram Diouf (85’), Michel Salgado, David Dunn/Ruben Rochina (63’), Jermaine Jones, Martin Olsson, Brett Emerton, Jason Roberts, Benjani Mwaruwari/Roque Santa Cruz (70’)

Manchester City: Joe Hart, Joleon Lescott, Vincent Kompany, Aleksandar Kolarov, Pablo Zabaleta, Gareth Barry, Nigel De Jong, David Silva/Dedryk Boyata (90’), Yaya Toure, Adam Johnson/Edin Dzeko (72’), Mario Balotelli/Patrick Vieira (84’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar