Sports News

Rabu, 13 April 2011

Messi Lengkapi Kemenangan Barca

Lionel Messi mencetak gol

Menang 5-1 di Nou Camp tidak menjamin  Barcelona bisa menang mudah saat menghadapi Shakhtar Donestk di Donbass Arena pada laga leg kedua Liga Champions. Dalam pertandingan yang berjalan sengit itu, Barcelona akhirnya lolos ke babak semifinal setelah menyingkirkan tim kuda hitam itu hanya dengan skor tipis 1-0.

Barcelona yang unggul besar di leg pertama, mendapat perlawanan sengit dari tuan rumah Shakhtar. Armada pimpinan Josep Guardiola itu sempat tertekan selepas kick-off babak pertama.

Kreator serangan Shakhtar, Jadson acapkali membuat jantung Guardiola berdegup kencang. Bagaiamana tidak, kerja samanya dengan William dari sektor sayap lapangan membuat Shakhtar nyaris merobek gawang Barcelona lebih dulu andai tendangan keras Jadson tidak bisa diamankan dengan sempurna oleh Victor Valdes

Shakhtar yang berinisiatif tampil terbuka lagi-lagi mendapat kesempatan. Kali ini, sinergi Jadson dan Luiz Adriano sempat mengecoh lini belakang Barcelona. Namun, kesigapan Valdes mengahalau bola kembali memupuskan harapan Shakhtar untuk mencuri gol.

Di pertengahan babak pertama, Barcelona yang telaten membangun serangan ganti menebar ancaman serius di wilyah pertahanan Shakhtar. Mobilitas Xavi Hernandez dibantu Dani Alves membuat serangan Barcelona kian hidup. Permainan bola dari kaki ke kaki yang menjadi cirri khas Barcelona membuat Shakhtar seperti kehilangan ritme permainan hingga lini belakang wakil Ukraina itu kesulitan untuk membaca arah serangan Barcelona.

Gol yang ditunggu Barcelona akhirnya tiba. Pencetaknya, tidak lain Lionel Messi. Penyerang titisan Diego Maradona itu menerima umpan Dani Alves dari sayap kanan lapangan. Lepas dari hadangan tiga orang pemain belakang Shakhtar, tidak menunggu lama, Messi langsung melepaskan tendangan keras mendatar yang tidak bisa dihalau Andriy Pyatov. Dari kejauhan, Guardiola pun mengepalkan tangannya melihat gol pertama yang dicetak Barcelona.

Tertinggal satu gol, Shakhtar memiliki peluang melalui tendangan bebas yang dilepaskan Jadson. Namun, gelandang asal Brasil itu hanya bisa kecewa melihat Valdes berhasil menepis bola. Skor 1-0 untuk El-Barca masih bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Barcelona tampil kesetanan. Messi yang begitu berambisi menambah keunggulan membuat peluang emas. Akselerasinya melewati hadangan pemain Shakhtar membuat mereka kian kesulitan membendung pemain bertubuh mungil ini. Dan benar saja, Barca nyaris unggul andai bola tendangan Messi tidak bisa ditangkap dengan baik oleh Pyatov.

Barcelona yang tampil di atas angin terus melancarkan serangan tiada henti. Kali ini, El-Barca mendapat kesempatan melalui Ibrahim Affelay. Namun, tendangan pemain belia asal Belanda itu masih belum menemui sasaran. Begitu pun dengan sepakan keras Seydou Keita yang masih bisa diblok Pyatov. Tidak mau ketinggalan, Pedro ikut melepaskan tembakan, hanya saja bola masih bisa diamanakan Pyatov.

Hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol tambahan tercipta dari Barcelona. Sementara tuan rumah yang sedari awal berupaya mengoyak jala Barcelona harus gigit jari dan harus menerima kenyataan pahit terdepak dari kompetisi ini di tangan Barcelona dengan agregat 6-1. Pada babak semifinal, Barcelona menanti pemenang Tottenham Hotspur yang akan menjamu Real Madrid.

SUSUNAN PEMAIN

SHAKHTAR DONESTK:
30-A. Pyatov,  3-T. Hubschman  (7-Fernandinho), 13-V. Shevchuk, 32-N. Ishchenko, 44-Y. Rakitskiy , 10-Willian, 8-Jádson , 14-V. Kobin , 22-H. Mkhitaryan, 20-Douglas Costa (11-Eduardo Da Silva’58). 9-Luiz Adriano  (99-M.Moreno’67)

BARCELONA:
1-Victor Valdes, 2-Dani Alves, 21-Adriano, 3-G. Pique (18-G. Milito’70), 14-J. Mascherano, 6-Xavi (17-Pedro’66), 15-S. Keita, 20-I. Afellay, 16-S.Busquets, 10-L. Messi, 7-Villa  (11-Jeffren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar