Sports News

Senin, 18 April 2011

Aksi Ray Allen Menyelamatkan Celtics

Aksi Ray Allen yang menyelamatkan Celtics
Tren buruk tim-tim unggulan yang kalah di laga pembuka tidak berpengaruh buat Boston Celtics yang sukses menumbangkan New York Knicks pada laga perdana babak playoff NBA. Meski menang, namun itu tidak didapat Celtics dengan mudah.

Tim asuhan Doc Rivers dipaksa bertarung ketat oleh tamunya Knicks di TD Garden, Minggu (17/4/2011) malam waktu setempat. Bahkan, Celtics sempat nyaris kalah karena berada dalam posisi tertinggal menjelang akhir laga. Beruntung, Ray Allen tampil sebagai bintang dengan tembakan tiga angka yang memastikan Celtics sementara unggul 1-0 atas Knicks berkat kemenangan tipis 87-85.

Duel antara tim peringkat tiga (Celtics) dan enam di klasemen reguler wilayah Timur ini berlangsung ketat sejak awal. Di kuarter pertama, hanya setengah bola yang memisahkan jarak poin kedua tim.  Celtics unggul 24-23. Namun, situasi berbalik 180 derajat di kuarter kedua.

Kombinasi Chauncey Billups, Amare Stoudemire dan Carmelo Anthony sukses membuat para punggawa Celtics tidak berkutik. Knicks pun berhasil membalikkan keadaan, usai mencetak 28 angka, berbanding 13 milik Celtics. Paruh pertama ditutup dengan keunggulan 51-39 untuk Knicks.

Tidak ingin bernasib sama seperti dua tim unggulan lainnya LA Lakers dan San Antonio Spurs yang kalah di pertandingan pertama, Celtics langsung bangkit di awal paruh kedua. Big Three Ray Allen, Paul Pierce dan Kevin Garnett balik menekan Knicks dan berhasil mengikis ketertinggalan menjadi 59-64 di akhir kuarter ketiga.

Di kuarter penentuan, kedua tim menyajikan pertarungan sengit dimana poin demi poin silih berganti didapat masing-masing tim. Memasuki menit akhir laga, Celtics berada dalam posisi terjepit lantaran masih dalam posisi tertinggal 84-85. Namun, saat laga menyisakan 12 detik, Allen memberikan keajaiban buat timnya ketika menerima passing Paul Pierce.

Tanpa banyak pikir, pemain veteran yang terkenal dengan lemparan tiga angkanya ini langsung melepaskan tembakan andalannya tersebut yang meluncur mulus menembus ring. Celtics pun berbalik unggul 87-85 yang bertahan hingga usai.

Performa gemilang Allen kali ini sontak langsung disambut antusias seluruh awak Celtics, tidak terkecuali sang pelatih Doc Rivers.

“Ray pahlawan dengan tembakannya. Sementara Paul (Pierce) pahlawan dengan umpannya. Itulah contoh konkrit dimana kami tidak memainkan basket dengan satu orang. Yang terpenting adalah meyakini apa kami yakini dan dia (Allen) melakukannya dengan sangat baik,” ujar Doc Rivers selepas laga seperti dikutip Yahoosports, Senin (18/4/2011).

Tidak hanya sukses jadi pahlawan kemenangan, dalam laga ini Allen juga sukses memecahkan rekor NBA milik Reggie Miller yang telah mencetak 2.560 tembakan tiga angka. Allen tampil sebagai top performer di laga ini dengan raihan 24 angka enam rebound dan satu assist. Sementara di kubu Knicks, Amare Stoudemire jadi yang terbaik dengan donasi 28 poin.

Dengan kemenangan ini, Celtics berpeluang besar menjauhkan keunggulannya pada game kedua yang kembali akan dimainkan di TD Garden, Rabu (20/4/2011) WIB.

Hasil playoff NBA:
Memphis 101
San Antonio 98
Memphis Grizzlies sementara unggul 1-0

New Orleans 109
LA Lakers 100
New Orleans Hornets sementara unggul 1-0

New York 85
Boston 87
Boston Celtics sementara unggul 1-0

Denver 103
Oklahoma City 107
Oklahoma City Thunder sementara unggul 1-0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar