Sports News

Senin, 18 April 2011

Kembalinya Performa Indah Airlangga

Airlangga Sucipto
Nama Airlangga Sucipto hampir saja redup jika penampilannya tidak konsisten di musim ini. Tapi, sebuah gebrakan baru diusung pemain kelahiran Jakarta ini untuk mendapat perhatian bobotoh, pendukung setia Persib Bandung.

Kepercayaan pelatih Daniel Roekito terhadap dirininya tidak disia-siakan begitu saja. Pemain yang akrab dipanggil Ronggo ini sukses melesakan empat gol di musim ini. Bahkan, dua golnya saat menjamu Persisam Samarinda beberapa waktu lalu turut mengantarkan Maung Bandung – julukan Persib – memenangi laga yang berkesudahan 4-1.

Meski demikian, anak dari pasangan Bambang Sucipto dan Yati Sumaryati ini mengaku belum puas dengan pencapaian dirinya bersama pangeran biru. “Saya masih jauh dari performa sempurna. Kesempatan bermain yang diberikan pelatih saya syukuri sebagai berkat. Tentunya, sama dengan keinginan pemain lain pada umumnya, ingin lebih baik lagi di setiap pertandingan,” ungkap Ronggo, Sabtu (17/4/2011).

Keinginan Ronggo untuk mencetak gol lebih banyak lagi tentu jadi angan-angannya saat ini. “Semuanya tergantung pada Tuhan yang memberikan kesempatan dan mencetak gol,” tegasnya.

Namun saat menjadi pilihan Daniel, dia mengaku mendapat pelajaran penting untuk menjadi bagian inti Persib. Materi lini depan Persib tidak bisa dinggap enteng. Nama baru seperti Matsunaga SHohei dan pemain bintang Cristian Gonzales memang selalu jadi pilihan Daniel dalam beberapa pertandingan terakhir.

Dua nama lainnya yakni Hilton Moreira dan Rachmat Afandi selalu memberikan kejutan dengan melesakkan gol penting. Meski demikian Airlangga menganggap dua nama yang disebutkan di awal mendapat perhatian darinya.

“Gonzales tidak ada yang bisa memungkiri dia pemain bagus dan masuk timnas. Shohei juga punya skill yang sama baiknya. Tapi, tetap saja mereka punya kekurangan. Di saat kekurangan mereka, saya harus bisa menunjukan yang terbaik,” jelasnya.

Ronggo kerap diturunkan dengan kedua striker tersebut. Pemain yang mengukir 13 gol di semua kompetisi bersama Persib ini mengaku sulit untuk memilih siapa tandem yang pantas bersama dirinya.

Namun, eks Deltras Sidoarjo ini berharap terus mencetak gol selain mebawa kemenangan bagi Persib. Dia pun sangat tertarik jika di musim depan ada satu tempat baginya untuk membuktikan jati diri striker menakutkan. “Insya Allah saya masih bisa bersama Persib. Yang jelas, musim ini harus lebih baik,” tandasnya.

Pemilik tinggi badan 167 sentimeter pernah membela timnas Indonesia U-20 dan timnas Indonesia di SEA Games XXIV di Thailand. Memulai karier profesional nya bersama Deltras, Ronggo justru mendapat panggilan pertamanya untuk membela Timnas U-20 dan U-23.

Pada awal musim 2008/2009, Persib Bandung mengontrak Airlangga dari Deltras setelah Persib di tangani oleh Jaya Hartono. Dia memulai debut starter nya di Indonesia Super League (ISL) bersama Persib ketika Persib bermain tandang ke Persiwa. Gol pertamanya di ISL bersama Persib ketika Persib menang melawan PKT Bontang di Bontang, 6 Oktober 2008.

Selain itu Airlangga sempat ikut serta dalam pembuatan film Bola Itu Bundar sebagai aktor di musim jeda setelah musim 2007/2008 berakhir.

Biodata Airlangga:
Nama Lengkap: Airlangga Sutjipto
Nama Panggilan: Angga, Ronggo
Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 22 November 1985
Tinggi: 170 cm
Posisi: Striker
Karir Klub: PS Trisakti (2004), Deltras Sidoarjo (2005-2008), Persiba Bantul (2005-Pinjaman), Persib (2008-2010)
Karir Tim Nasional: Indonesia U-20 (2005), Indonseia U-23 (2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar