Sports News

Senin, 06 Juni 2011

Marvin Martin Bawa Prancis Kalahkan Ukraina


detail berita
Foto: Pemain Prancis Marvin Martin

DONETSK - Timnas Prancis membukukan hasil positif saat berhadapan dengan Ukraina pada laga persahabatan, Selasa (7/6/2011) dini hari WIB. Sempat mendapat perlawanan ketat di babak pertama, Karim Benzema dkk sukses memborong empat gol di babak kedua untuk menang 4-1.

Bertandang ke Donbass Arena, pelatih Les Bleus Laurent Blanc menurunkan skuad mudanya di awal laga. Sementara di lain kubu, pelatih Ukraina Oleg Blokhin menurunkan skuad utamanya.

Mengandalkan pemain senior seperti Anatoliy Tymoshchuk  di lini tengah dan Andrey Voronin di lini depan, Ukraina cukup dominan di babak pertama. Namun, Prancis juga bukan tanpa perlawanan. Meski didominasi para pemain muda, namun skuad Ayam Jantan mampu memberikan perlawanan sengit. Sayang, peluang demi peluang yang didapat kedua tim urung berbuah gol. Alhasil, hingga jeda skor kacamata alias 0-0 masih bertahan.

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan kian menarik. Ukraina yang tampil di hadapan publiknya membuat kejutan dengan mencetak gol lebih dulu di menit ke-53. Tendangan jarak jauh kapten tim Anatoliy Tymoshchuk gagal dibendung kiper Prancis Steve Mandanda.

Namun, keunggulan 1-0 Ukraina tidak bertahan lama. Pasalnya, lima menit kemudian Prancis berhasil menyamakan kedudukan melalui Kevin Gameiro. Tendangan keras striker FC Lorient dari dalam kotak penalti tidak mampu dihalau kiper Ukraina, Andriy Pyatov.

Kedudukan kembali sama kuat 1-1, membuat kedua pelatih melakukan sejumlah perubahan. Di kubu Ukraina, Oleg Blokhin menarik Voronin dan memasukkan Artem Milevsky. Sedangkan, Blanc memasukkan dua pemain senior, Franck Ribery, Karim Benzema dan Florent Malouda di pertengahan babak kedua.

Masuknya ketiga pemain syarat kualitas ini membuat Prancis berbalik berada di atas angin. Tekanan demi tekanan mulai intens dilancarkan para punggawa Prancis. Puncaknya, terjadi di menit ke-87 ketika tendangan spekulasi jarak jauh yang dilepaskan pemain muda, Marvin Martin bersarang di pojok kanan gawang Pyatov.

Unggul 2-1, Prancis kian aktif melakukan serangan. Hasilnya, hanya dalam kurun waktu satu menit, Prancis berhasil memperbesar keunggulannya. Marvin Martin berhasil mencetak gol keduanya usai menerima umpan manis Karim Benzema yang sebelumnya sukses memanfaatkan blunder pemain belakang Ukraina. Sebuah debut manis buat Martin yang baru kali ini tampil untuk Timnas.

Tak puas dengan tiga gol, Prancis menutup laga dengan mencetak gol keempat pada masa injury time lewat aksi Younes Kaboul. Bek Tottenham Hotspur yang berdiri bebas di kotak penalti tak kesulitan menanduk bola umpan tendangan sudut Ribery untuk mengantar Prancis menutup laga dengan keunggulan 4-1.

Hasil ini, jelas menjadi sinyal positif buat Prancis yang masih harus berjuang di babak kualifikasi Euro 2012. Untuk sementara, Prancis masih memimpin klasemen sementara Grup D dengan koleksi 13 angka atau unggul empat poin dari Belarusia yang di laga akhir pekan kemarin sukses menahan imbang Prancis 1-1. Prancis akan kembali memainkan laga kualifikasinya melawan tuan rumah Albania, 6 September mendatang.

Sementara bagi Ukraina, hasil ini jelas menjadi pekerjaan rumah buat Blokhin untuk memperbaiki performa anak asuhnya bila ingin bisa berbicara banyak di Euro 2012 yang kebetulan akan dimainkan di negara mereka (Ukraina) bersama dengan Polandia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar